Flickr

About

Selasa, 10 Maret 2015

Unknown

Pembunuh perempuan dihukum lebih berat di Brasil

Undang-undang baru yang ditandatangani Presiden Rousseff berlaku bagi pelaku kekerasan rumah tangga dan peleceh perempuan.
Presiden Brasil Dilma Rousseff telah menandatangani undang-undang baru yang menetapkan hukuman lebih berat atas pembunuhan kaum hawa.
Melalui undang-undang tersebut, pelaku pembunuhan terhadap perempuan yang bertalian dengan kekerasan rumah tangga, pelecehan, dan diskriminasi dapat dihukum penjara antara 12 tahun hingga 30 tahun.
Khusus pelaku kekerasan rumah tangga, dia dilarang berdekatan dengan pasangan atau bocah perempuan yang dia serang.
Adapun pelaku pembunuhan terhadap perempuan hamil, perempuan yang habis melahirkan, gadis di bawah 14 tahun, dan perempuan berusia di atas 60 tahun dapat diganjar dengan hukuman yang lebih berat.
Rousseff mengatakan undang-undang baru itu mencerminkan perlindungan pemerintah Brasil terhadap kaum hawa mengingat sekitar 15 perempuan dibunuh setiap hari di negara tersebut.
Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa di bidang perempuan di Brazil, Nadine Gasman, mengatakan undang-undang tersebut mengidentifikasi pembunuhan terhadap perempuan sebagai suatu fenomena yang spesifik. “Hukum seperti ini bersifat pencegahan,” kata Gasman.

Kekerasan rumah tangga

Undang-undang yang baru ditandatangani Rousseff disebut Undang-undang Maria da Penha sebagai penghormatan kepada Maria da Penha Maia yang dipukuli suaminya selama 14 tahun dan luput dari dua upaya pembunuhan. Maria kini menyandang kelumpuhan.
Selama menjabat sebagai presiden, Rousseff menandatangani undang-undang yang berupaya melindungi perempuan.
Pada Agustus 2013, misalnya, dia meneken undang-undang yang mengharuskan semua rumah sakit pemerintah menyediakan pengobatan untuk pasien penyakit menular seksual dan korban pemerkosaan yang terpapar HIV/Aids.
Bila korban pemerkosaan hamil, undang-undang itu menyebutkan bahwa mereka memiliki hak untuk mengaborsi janin yang dikandung.
Publik  Naut
 sumber : http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2015/03/150310_brasil_rousseff_perempuan

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :